Pages

About

4 MASAKAN KHAS KOTA PATI PALING POPULER

Kota Pati memang memiliki beberapa makanan khas yang sangat terkenal, mungkin bagi kalian yang tinggal ataupun mampir ke kota pati ini pasti tidak afdol jika tidak menikmati makanan khas yang ada dikota pati ini. untuk itu disini saya akan menuliskan beberapa masakan khas Pati yang paling populer seperti :

1. Nasi Gandul

Nasi gandul memang masakan khas pati nomer 1 yang paling populer, masakan ini merupakan makanan jenis kuah yang biasanya disajikan di atas piring yang dilapisi daun pisang, nasi gandul biasanya terdiri dari nasi, daging, jerohan sapi, kikil dan diatasnya biasanya ditaburi sedikit serondeng. untuk lauknya biasanya pembeli memilih telur ayam ataupun perkedel. makan nasi gandul paling pas jika ada pelengkapnya yaitu tempe yang digoreng garing dan krupuk. di Pati sendiri banyak warung makan yang menyediakan masakan ini dan dijamin enak rasanya.


2. Tempe Pedes


Tempe pedes atau tempe semangit ini paling populer nomer 2 di kota pati ini, masakan ini terkenal dengan kuah santan yang pedas dan rempahnya yang sangat kuat. tempe pedes berbahan baku tempe yang hampir basi meski begitu, masakan ini terasa sangat nikmat. apalagi jika dimakan selagi hangat. selain rasa yang nikmat, alasan tempe pedes ini populer adalah harganya yang sangat murah meriah yaitu sekitar Rp. 3000 sampai Rp. 7000, sangat murah bukan?


3. Soto Kemiri


Soto Kemiri merupakan masakan yang paling diminati semua kalangan, masakan ini terkenal karena bumbu yang meresap ke nasi sehingga  membuat masakan ini sangat nikmat untuk disantap, ayam yang dipakai di soto kemiri ini adalaha ayam kampung sehingga rasanya lebih sedap, biasanya orang orang menyantapnya dengan lauk ayam ungkep. soto kemiri cocok disantap di musim hujan karena sensasi hangatnya. harga soto kemiri juga termasuk murah, yaitu sekitar Rp. 5000 per porsi. murah meriah kan.


4. Petis


Petis adalah masakan dari daging kambing, tapi biasanya juga dimodifikasi dari daging ayam, petis ini mirip seperti gulai bedanya kalau petis daging kambing dicampur dengan tepung beras dan rebusan daging. biasanya orang orang makan petis tanpa nasi, karena lebih nikmat, tapi jika pake nasipun rasanya tak kalah lezat. harga per porsinya yaitu kisaran Rp. 7000 tergantung jenis petisnya.


cukup sekian yang bisa saya tulis kali ini, yaa saya tau jika masih banyak makanan khas kota pati yang populer, tapi saya rasa saya hanya ingin menulis beberapa yang paling populer dan paling banyak peminatnya. dan saya sarankan bagi yang belum pernah menikmati makanan khas pati diatas, segeralah mampir ke kota pati untuk sekedar menikmatinya. dijamin terjangkau dan bikin ketagihan.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.